Kursus Komputer Gratis Merambat ke Desa.
847
Radio Suara Tabalong
Kamis, 27 Juni 2019

Suaratabalong.com, Tanjung – Melalui Program Jikamaka 100 Desa , Ratusan Warga Desa Purai Kecamatan Banua Lawas mendapat Pelatihan Gratis berupa Kursus komputer, Motivasi dan Pengembangan diri, Wirausaha yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Tenaga Kerja, Komunitas Kunang-kunang, Pradata School of Computer dan Pemerintah Desa Purai.


Pembukaan Kursus komputer Gratis dilaksanakan langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Bersama Dandim 1008 Tanjung Letkol Arm Edy Susanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Syaiful Ikhwan, Camat Banua Lawas Jainudin dan Undangannya lainnya yang berhadir di Halaman kantor Desa purai Kecamatan banua Lawas, Selasa ( 25/6 ).  


Panitia Pelaksana Awiek Hadi Widodo mengatakan Program Jikamaka 100 Desa di ikuti sebanyak 500 peserta yang nantinya akan terbagi beberapa gelombang. Setiap gelombang ada 60 siswa.  Peserta semua kalangan dari anak sekolah, anak anak putus sekolah, ibu ibu PKK, aparat desa, “Metode pelatihan berkonsep kepada Attitude Knowledge dan Skill (AKS ), dengan merubah pola pikir peserta dulu,  lalu memberi pengetahuan agar siswa bisa mengaplikasikan ilmu yang dipelajari.” Kata Awiek


Disamping memberikan pelatihan komputer,  juga ada pelatihan kewirausahaan dengan memanfaatkan potensi daerah sebagai usaha. Seperti  membuat usaha telur asin telur bebek. Telur asin pasak bumi, telur asin rasa coklat, telur asin rasa strawberry dan lainnya, “  Pelatihannya dilaksanakan setiap hari selama 17 hari, dengan durasi setiap harinya selama 1 jam saja. “ tambahnya.


Sementara Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mendukung dan mengapresiasi Program Jikamaka 100 Desa ini, menurutnya tidak ada di Indonesia Program kursus komputer Gratis sampai ke desa-desa, “ saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada saudara awiek dan kawan-kawan, luar biasa.  program jika maka ini sudah diakui secara nasional.” Kata Anang saat menyampaikan sambutannnya saat Pembukaan Program Jikamaka 100 Desa di Desa Purai Kecamatan Banua Lawas, Selasa ( 25/6 ). 


Bupati menambahkan, Program Jikama 100 Desa ini, yang turut didukung Pemerintah Desa Purai merupakan upaya bersama dalam menyiapkan Kabupaten Tabalong yang termasuk dalam 100 Kabupaten/kota menuju program Samrt City, “ lanjutkan program Jikamaka 100 desa, saya akan berada dibelakang pradata school of computer, komunitas kunang-kunang, untuk  selalu berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Tabalong khususnya di pedesaan. “ tambahnya


Adapun fasilitas pelatihan Program Jikamaka 100 Desa yaitu 10 unit komputer, 1 proyektor. Setiap peserta  akan mendapatkan sertifikat JIKAMAKA yang di tanda tangani oleh Bupati Tabalong dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Tabalong. ( Abdul Halim ) 


Bagikan: