Faktor Cuaca Tidak Pengaruhi Target Program TMMD Kodim 1008 Tanjung.
60
Radio Suara Tabalong
Selasa, 30 Maret 2021


 TABALONG - kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) 110 Kodim 1008 Tanjung yang resmi dibuka sejak 2 Maret lalu, kini pengerjaan sasaran fisik sudah mulai rampung, hal tersebut tidak terlepas dari kerjasama semua pihak,  Meskipun sempat terganggu karena faktor cuaca yang tidak menentu akhirnya semua pembangunan sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 110 Kodim 1008/Tanjung di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong telah selesai 100 persen sesuai target. 

Sasaran pokok TMMD berupa pembangunan badan jalan sepanjang 3.400 meter dan lebar sekitar 7 meter dari desa Lok Batu menuju Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, Pembangun 3 buah jembatan, jembatan beton pertama panjang 6,4 meter X 7 meter, jembatan beton kedua ukuran panjang 2,5 meter X 7 meter, jembatan beton ketiga ukuran panjang 2 meter X 7 meter, sedangkan sasaran tambahan berupa pembangunan pagar masjid Nurul Huda panjang 41 meter, rehab 2 unit RTLH milik bapak arianto di desa Lok Batu dan bapak Herpi di desa Kembang Kuning, kemudian pembuatan 2 buah Pos Kamling di desa Lok Batu dan desa Kembang Kuning yang semuanya dapat diselesaikan pada Selasa (30/3) siang.

Sering turun hujan dilokasi TMMD yang saat itu tidak menentu , sempat dikhawatirkan warga setempat bahwa pekerjaan tidak bisa diselesaikan tepat waktu sebagaimana yang telah ditetapkan. Sebagaimana yang pernah diungkapkan tokoh masyarakat setempat bapak H. Hasbulah “ curah hujan yang cukup tinggi menjadi kendala dalam mengerjakan pembangunan jalan dan jembatan sehingga membuat pekerjaan jadi terhambat. Memang tidak berhenti total, tetapi kami jadi menunggu hujan reda baru bisa bekerja" ungkapnya,(16/3).

Masyarakat dan anggota Satgas di lapangan akhirnya harus kerja lebih ekstra agar pekerjaan bisa selesai, tidak sampai molor dari target yang telah ditentukan. Ternyata, meskipun sempat terjadi kendala faktor alam, sasaran fisik TMMD itu bisa diselesaikan seratus perser satu hari sebelum penutupan.

Menurut Kepala Desa Lok Batu bapak Sunarno, bahwa " Program TMMD ini merupakan kerja sama antara TNI dengan Pemda dan masyarakat. “TMMD ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya,

Sementara itu Dansatgas TMMD Letkol Inf Ras Lambang Yudha membenarkan bahwa foktor cuaca dengan sering datangnya hujan sempat menjadi kendala pengerjaan sasaran sasaran pokok, tapi Alhamdullilah berkat kerja keras semua pihak baik Pemkab Tabalong, warga masyarakat dan anggota Satgas TMMD, semua program dapat diselesaikan pada hari Selasa 30 Maret 2021 atau H-1 sebelum penutupan TMMD,” pungkasnya(pendim1008)


Bagikan: