Proklim Desa Jaro Berhasil Raih Penghargaan Utama Proklim 2020.
43
Radio Suara Tabalong
Selasa, 27 Oktober 2020


Radio Suara Tabalong - Kabupaten Tabalong menjadi salah satu penerima penghargaan apresiasi pembinaan ProKlim (Program Kampung Iklim) tahun 2020 pada acara puncak festival iklim oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan secara virtual di Aula Nan Sarunai, Jumat (23/10/20).


Kabupaten Tabalong menerima penghargaan sebagai Pembina ProKlim yang diterima Bupati Tabalong dan Desa Jaro Kecamatan Jaro menerima penghargaan dan Tropi ProKlim Utama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Tabalong. Rowi Rawatianice mengungkapkan penghargaan yang diterima oleh kabupaten Tabalong kali ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Karena hanya ada 24 kabupaten kota se indonesia yang berhasil meraih penghargaan ini. “ Ini adalah pencapaian yang luar biasa karena perbandingannya di indonesia ada sekitar 300 lebih kabupaten kota dan kita masuk di 24 itu.” ucap Rowi 


Rowi menambahkan kedepannya kabupaten Tabalong mencoba untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi yaitu penghargaan Lestari karena tahun 2020 ini Tavbalong sudah berhasil mencapai penghargaan utama. “ Kita optimis untuk mencapai lestari, karena kita belajar dari yang utama ini kemarin kerjasama semua pihak dukungan semua pihak, termasuk dukungan  pak bupati total, saya yakin pencapaian ini tentu saja membuat kita semakin bersemangat untuk mencapai penghargaan kategori lestari. “ tutupnya.


Sementara  Suwandi Camat Jaro yang ditemui usai acara mengatakan penghargaan ini atas keterpaduan dan kerjasama antara unsur pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat itu sendiri.


Suwandi selaku camat jaro mengungkapkan yang perlu dikembangkan dalam ProKlim ini adalah bagaimana mensinergikan tata kelola yang ada di desa Jaro tersebut. "Tata kelola bagaimana untuk menata lingkungannya dan menata iklimnya supaya bisa menjaga agar tetap asri."


Dengan diterimanya penghargaan utama ProKlim tahun 2020 kepada desa Jaro, Suwandi mengucap syukur dan mengharapkan agar kedepannya bisa mempertahankan perhargaan tersebut. "Karena ikon-ikon yang ada di desa Jaro akan membawa suatu dampak positif kedepannya untuk daerah-daerah disekitar kabupaten Tabalong sendiri." ungkap Suwandi

Acara penyerahan penghargaan ProKlim tahun 2020 secara virtual dihadiri Asisten Perekonomian dan pembangunan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Kepala Disporapar, dan dari pihak perusahaan yang ada di kabupaten Tabalong. 


Bagikan: