Komisi I DPRD Tabalong, Bahas Pencegahan Covid-19 Bersama Dinas Kesehatan.
729
Radio Suara Tabalong
Selasa, 17 Maret 2020


Radio Suara Tabalong - Kepala Dinas Kesehatan Taufiqurrahman Hamdie menyampaikan proses penyebaran dan pencegahan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada Rapat Kerja dengan Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong di Gedung Sekretariat DPRD Kabupaten Tabalong Selasa (17/3).

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa penularan Covid-19 akan mudah diterima oleh seseorang yang sudah berusia lanjut, bayi/balita, dan orang yang memang mengidap penyakit kronis. Covid-19 ditularkan lewat air liur yang berasal dari bersin atau batuk Si Penderita. 

"Jadi yang paling penting yang harus dilakukan masyarakat adalah pola cuci tangan yang dilakukan sesering mungkin sehabis menyentuh benda atau objek disekitar kita.  Selain itu menghindari diri dari keramaian dan memakai masker jika dalam kondisi sakit."katanya

Taufiqurrahman juga menyampaikan Sifat Covid-19 yaitu tidak bisa hidup sendiri tanpa ada yang dihinggapinya, contohnya tubuh manusia dan hewan-hewan liar. Covid-19 tidak berada bebas di udara tetapi berada dibenda-benda atau di tubuh yang selama ini memiliki kontak dengan Si Penderita. 

Sementara itu, dari pihak RSUD H. Badaruddin Kasim Tanjung mengaku siap jika nanti akan menerima pasien terduga Covid-19. Dengan mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) dari Rumah Sakit itu sendiri, APD (Alat Pelindung Diri), dan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan dari RSUD H. Badaruddin Kasim Tanjung Khairuddin, "kita mempersiapkan semua itu karena RSUD H. Badaruddin Kasim bukan Rumah Sakit Rujukan tapi hanya sebagai perujuk ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh pihak pusat". Katanya.

( Rina ) 


Bagikan: