5 Desa di Tabalong Akan Mendapatkan Alokasi Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri.
721
Radio Suara Tabalong
Jumat, 13 Maret 2020


RadioSuaraTabalong - Sebanyak lima desa di Tabalong akan mendapatkan alokasi pelatihan tenaga kerja mandiri dari kegiatan Kementrian ketenagakerjaan RI untuk tenaga kerja mandiri.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja H Syaiful Ikhwan ketika diwawancara awak media usai Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Menurutnya Syaiful, meskipun desa tersebut belum dipilih nantinya yang akan diikutkan pelatihan itu akan disesuaikan dengan kegiatan musrenbang yang sudah dilakukan.

"Mungkin ada beberapa desa yang sudah mengusulkan berupa pelatihan dan itu nantinya akan kita alokasikan kegiatan pelatihan pada tahun ini,"ujarnya.

Sedangkan untuk jurusan pelatihan sendiri, masih menunggu usulan dari desa itu sendiri, "nantinya  kita akan  turun langsung kedesa yang terpilih nantinya, dan melihat kegiatan apa saja yang ada didesa itu," tambahnya.

Karena melihat dari tahun 2019 lalu, kata Syaiful untuk paket pelatihan yang diberikan ada tujuh paket kegiatan dimana dananya berasal dari kementrian ketenaga kerjaan, " kita dari tahun lalu biasanya untuk ibu-ibu tenaga kerja mandiri itu seperti pembuatan kue , bakso dan salon tata rias,"bebernya.

Adapun melihat hasil dari pelatihan itu sejumlah warga yang ikut sudah memperlihatkan hasilnya dengan membuka sebuah usaha meskipun belum terbuka produksi secara besar besaran.

"Tindak lanjut berikutnya nanti akan mendata yang sudah dilatih dan hasil monitoring berapa yangbaudah muali mengembang kan atau memulai usahanya. Paling tidak apa yang audah kita latih ini agar tau capaian berapa orang sudah memulai membuak kegiatan wirausahanya,"Tutupnya.

( Said ) 


Bagikan: