SKPD diminta Tingkatkan Penyusunan LPPD
731
Radio Suara Tabalong
Senin, 17 Pebruari 2020


RadioSuaraTabalong -  Pemerintah Kabupaten Tabalong berharap kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat di Daerah (SKPD) di Kabupaten Tabalong mampu meningkatkan kemampuan dengan baik dan benar dalam penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2019.


Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tabalong, H. Mawardi ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis LPPD, di Jakarta, Senin (17/2/2020). Menurutnya,  dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada para peserta, baik sebagai tim penyusun LPPD perangkat daerah maupun tim penyusun LPPD kabupaten secara baik dan benar. “Sebab LPPD merupakan indikator utama dalam menilai progresbreport keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” jelas Mawardi. 

Menurutnya, pelaksanaan desentralisasi kepada otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan untuk meningkatkan kemandirian pemerintah daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya. Baik itu dari segi pengambil kebijakan ( policy making function ) dan pelaksana kebijakan ( policy executing function ). Sehingga dapat mempercepat peningkatan daya saing daerah, peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat luas, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum, dengan berlandaskan kepada asas umum tata kelola pemerintahan yang baik ( good governance ). “Untuk mewujudkan tiga tujuan desentralisasi tersebut tentu membutuhkan proses bertahap ( _gradual_ ). Olehnya, pemerintah daerah selalu dimonitor dan dievaluasi oleh pemerintah provinsi maupun pusat, dalam bentuk evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mengetahui keberhasilan masing-masing daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan,” papar Mawardi.

Untuk  melihat progress pencapaian tujuan desentralisasi dari aspek pengambil kebijakan dan pelaksana kebijakan, yang pada akhirnya dijadikan sebagai masukan bagi perencanaan pembangunan di masing-masing pemerintah daerah. 

Dengan demikian, lanjutnya, pelaksanaan pembangunan di daerah dapat terlaksana secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut, dan sangat berharap dapat memberikan manfaat yang berguna bagi pembangunan Kabupaten Tabalong ke depan," tandasnya.

Hadir sebagai peserta yakni para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pegawas, juga Tim Penyusun LPPD Kabupaten Tabalong. Sebagai pemateri yakni  Kepala Seksi Evaluasi Wilayah 1A Direktorat EKPKD, Ditjen Otda Kemendari, Parlin Jumanti, SE, M.Si. ( Tim ) 


Bagikan: