Bupati Sampaikan Kebijakan Umum Raperda APBD 2020
857
Radio Suara Tabalong
Minggu, 15 September 2019


Tanjung – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyampaikan penjelasan terhadap Raperda Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) Tahun Anggaran 2020, dihadapan anggota DPRD Tabalong saat Rapat Paripurna di Graha Sakata Mabuun, Kamis ( 12/9 ). Dalam penjelasannya, pemanfaatan anggaran kabupaten tabalong tahun 2020 mengambil tema pembangunan “ peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan tiga hal prioritas.

Yang pertama peningkatan pendapatan dan tata kelola keuangan daerah, yang kedua peningkatan pelayanan publik dan pengembangan sumber daya manusia, dan yang ketiga pembangunan agribisnis, agro industri dan agro wisata.

“ perlu saya pertegas sekali lagi, bahwa RAPBD tahun 2020 yang diajukan adalah RAPBD yang telah dilakukan penyesuaian – penyesuaian dengan kebijakan pemerintah pusa, seperti penyesuaian alokasi anggaran RAPBD tahun 2020 dengan kondisi keuangan negara, serta Penyesuaian Arah Kebijakan.” Kata Bupati.


Bupati juga menyampaikan Rancangan APBD Tahun 2020, untuk proyeksi Pendapatan daerah sebesar 1 Trilyun, 495 Milyar 606 Juta rupiah. Yang terdiri dari Pendapatan Asli daerah 206 milyar, Dana Perimbangan Satu Trilyun 39 Milyar dan lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah sebesar 250 Milyar.


Sementara untuk Belanja daerah diproyeksikan sebesar 1 trilyun 568 Milyar 418 Juta rupiah, yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar 863 Milyar 269 Juta rupiah dan belanja langsung ebesar 705 milyar 476 juta rupiah.

“ meski ada defisit sebesar kurang lebih 73 milyar, namun dapat ditutup melalui penerimaan pembiyaaan daerah yang terdiri dari Silpa Tahun sebelumnya dan Penerimaan Pinjaman Daerah.” Pungkasnya. 

Rapat Paripurna ini dipimpin ketua DPRD sementara Haii Mustafa, Wakil Ketua DPRD Sementara Haji Jurni, Turut hadir Wakil Bupati Haji Mawardi, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Anggota DPRD Tabalong. ( Abdul Halim )


Foto by : @mc_tabalong


Bagikan: