Tabalong Masuk Gerakan Menuju 100 Smart City
916
Radio Suara Tabalong
Kamis, 07 Maret 2019

Suaratabalong.com, Tanjung – Kabupaten Tabalong dinyatakan terpilih dan lulus seleksi untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City, Program Kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ). Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kominfo dan Statistik  Kabupaten Tabalong Aberani Abrar di kantornya, Rabu ( 6/3 ).

Kepastian tersebut didapat setelah Dinas Kominfo Tabalong menerima surat pengumuman dari Kemenetrian Kominfo No B.116/DJA/AI.01.05/02/2019 Tanggal 28 Februari tentang penyampaian Hasil Seleksi Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

“ Program Nasional program 100 kabupaten kota smart city dimulai pada tahun 2017 dengan 25 kabupaten kota smart city, terus 2018 ada 50 kabupaten kota yang terpilih sehingga sisanya ada 25, oleh karena itu mereka menyaring 25 kabupaten kota seluruh indonesia dari sisanya, syukur Alhamdulillah Tabalong termasuk dalam 25 Kabupaten kota menuju Smart City. “ kata Aberani Abrar

Langkah selanjutnya, setelah Tabalong dinyatakan termasuk dalam gerakan 100 Smart City di Indonesia yaitu penyusunan dan penandatangan nota kesepakatan antara kabupaten Tabalong dengan kementrian Kominfo. Kemudian Membentuk Tim Smart City antara kabupaten Tabalong dengan Kementrian Kominfo, serta tim khusus Kabupaten Tabalong yaitu  tim pelaksana kegiatan Gerakan Menuju 100 smart city 2019.

Plt Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Tabalong menambahkan dalam Smart City, terdapat Enam elemen utama yaitu Smart governance, Smart economy, Smart society, Smart living, Smart branding dan Smart Enviroment. Seluruh elemen tersebut tersebar diseluruh SKPD kabupaten Tabalong yang akan dijadikan satu sehingga pelayanan-pelayanan menjadi lebih mudah. “ dari keselurahan elemen ini di integrasikan menjadi suatu tatanan digunakan untuk mendukung bagaimana caranya kualitas pelayanan publik lebih baik lagi.” Tambahnya

Dengan terpilihnya Kabupaten Tabalong dalam gerakan menuju 100 Smart City, Dinas Kominfo Tabalong akan mendapat pendampingan dari Kementrian Kominfo terkait penyusunan Master Plan Smart City termasuk  penyusunan renduk smart city yang baik.

Sebelumya Bupati  Tabalong bersama sejumlah kepala SKPD telah melaksanakan  Ekspose  dan Asesment program gerakan menuju 100 smart city tahap ketiga  pada 21-22 Februari lalu. ( Abdul Halim )  

 

 

 


Bagikan: