TPA Bongkang Resmi Beroperasi
955
Radio Suara Tabalong
Rabu, 15 Januari 2020


Radiosuaratabalong –  terhirung sejak tanggal 13 Januari 2020, Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) resmi mengoperasikan Tempat Pemprosesan Akhir ( TPA ) yang terletak di Desa Bongkang Kecamatan Haruai. Dengan dibukanya TPA Bongkang, otomatis TPA Maburai yang sudah beroprasi selama kurang lebih 20 tahun ditutup untuk umum dan tidak menerima kiriman sampah. "Sejak hari ini kita sudah menutup TPA Maburai dan kita resmi mengoperasionalkan yang di Bongkang" kata Rowi Rawatianice saat diwawancara usai apel gabungan di Taman Giat Kota Tanjung, Senin ( 13/1 ). TPA Bongkang menggunakan sistem Sanitary Landfill, dan diperkirakan akan mampu menampung samapah dalam jangka waktu lima tahun.


Terkait TPA Maburai, meski sudah ditutup, pihak DLH akan tetap melakukan pemantauan karena berdasarkan amanat undang - undang bahwa TPA yang ditutup tidak tidak bisa langsung di tinggalkan, tetapi tetap ada ada pengolahan.

“ TPA Maburai akan dipersiapkan menjadi TPA wisata Edukasi. “ tambah Rowi.


Rowi mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengetahui informasi penutupan TPA Maburai, sehingga tidak ada lagi yang mengirim sampah ke sana ( TPA Maburai ) dan dapat mengirim ke TPA Bongkang.


Bagikan: