Capaian Pajak Restoran dan Pajak Penerangan Jalan Lampaui Target, Sedangkan Pajak Sarang Burung Walet Belum Maksimal.
126
Radio Suara Tabalong
Sabtu, 23 November 2019


Tabalong – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah ( BPPRD ) Kabupaten Tabalong, menggelar Rapat Koordinasi Pendapatan Asli Daerah dan Retribusi Daerah  dengan Tema Optimalisasi Pajak dan Retribusi Daerah" di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Kabupaten Tabalong, Kamis ( 21/11 ).


Dalam Rakor yang juga sekaligus Evaluasi tersebut, kepala BPPRD Erwan Mardani  menyampaikan capaian penerimaan Pendapatan Asli Daerah yang terdiri dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, hingga Triwulan IV Tahun 2019.


Untuk Pajak Restoran hingga Bulan Oktober 2019, berhasil menerima pendapatan sebesar 13.7Milyar atau  sebesar 101.74 %  dari target.

 

Sedangkan untuk Pajak Penerangan Jalan ( PPJ ) berhasil menerima sebesar 19.5 Milyar dari  ditarget awal sebesar 18.5 Milyar. 


“ meningkatnya penerimaan  Pajak Restoran, dikarenakan Tim BPPRD aktif melakukan pendataan, Sosialisasi dan kunjungan kepada pemilik restoran, sedangkan Pajak Penerangan Jalan (  PPJ )  meningkat karena intensnya  koordinasi serta  ketaatan dari beberapa  perusahaan pembayar PPJ , seperti PT Pertamina/SKK Migas, PT  PLN dan perusahaan lainnya. “ ungkap Erwan.


Meski begitu, hingga bulan Oktober 2019 masih banyak sektor Pajak lainnya yang belum bahkan jauh dari target, seperti pajak Sarang Burung Walet dari target 900 juta, baru tercapai 16.61 %. Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan ( PBB P2 ) dari target 7.5 Milyar baru masuk 42.26 %, juga pajak-pajak lainnya seperti Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Parkir, Pajak Air Bawah Tanah, pajak mineral bukan logam dan batuan dan BPHTB yang masih belum mencapai target.


“ Dalam waktu satu bulan ke depan Kami seluruh jajaran BPPRD  akan kerja keras dan maksimal, Hari Sabtu, Minggu dan  haru libur Nasional akan tetap buka melayani Masyarakat dan  semua Wajib Pajak Daerah agar membayar dan melunasi kewajibannya.” Tambah Erwan.


Secara umum hingga Bulan Oktober 2019, Total penerimaan Pendapatan Asli Daerah sebesar 69.75% dari total target PAD sebesar 206 Milyar.


Sementara Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang hadir membuka rapat koordinasi  Pendapatan Asli Daerah dan Retribusi Daerah  dalam sambutannya mengatakan, bahwa kemampuan daerah meningkatkan pendapatan Asli daerah memiliki keterkaitan  untuk menuju kemandirian daerah. ( Abdul Halim )


Bagikan: