Bandara Warukin Kantongi Izin Melayani Kepentingan Umum
41
Radio Suara Tabalong
Kamis, 28 November 2019


Tabalong – kepastian bandara warukin dapat melayani untuk kepentingan umum, berdasarakan  keputusan menteri perhubungan nomor KM 233 tahun 2019 tanggal 5 november 2019 tentang penetapan bandara khusus warukin guna melayani kepentingan Umum.

Menyikapi perubahan status bandara warukin, Pemerintah kabupaten tabalong menggelar gathering airlines bersama sejumlah maskapai penerbangan, unsur pimpinan daerah, perwakilan perusahaan dan sejumlah dinas perhubungan dari kabupaten tetangga sekitar tabalong, di hotel aston tanjung, Selasa (26/11/2019). Saat ini Pemkab Tabalong bersama pihak bandara tengah berupaya untuk menambah rute penerbangan bandra warukin yang biasa melayani tanjung – jakarta, diusulkan untuk ditambah seperti rute, tanjung – surabaya, tanjung – balikpapan, tanjung-samarinda, tanjung-banjarmasin dan tanjung – kotabaru-makasar. 

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan saat ini bandara warukin telah berubah statusnya dari bandara khusus menjadi bandara umum, dirinya yakin animo masyarakat lebih tinggi apabila bandara warukin dapat menyediakan rute penerbangan yang lebih banyak. “Dalam beberapa bulan ini saya amati penerbangan khusus pelita air service Tanjung – Jakarta dan sebaliknya itu selalu penuh, bahkan kalau semua penumpang dapat terlayani maka dua buah pesawatpun tidak cukup,”tuturnya.

Menurutnya hal tersebut menjadi contoh bahwa animo masyarakat Tabalong dan sekitarnya untuk menggunakan maskapai warukin lebih tinggi dan terjadi peningkatan. 

Sementara Area Manager Lion Air wilayah Kalselteng, Agung Purnama mengungkapkan pihaknya akan melakukan observasi langsung ke bandara warukin terlebih dahulu untuk melihat standarisasi keamanan bandara, 

Selain itu untuk mengecek potensi pangsa pasar, sedangkan untuk armada juga telah tersedia tinggal melaporkan kepada lion air pusat. “Tindak selanjutnya kami akan melakukan observasi terkait standarisasi bandar udara warukin, sebab kami harus memastikan keamanan dan keselamatan penumpang  yang sesuai dengan standarisasi dari pihak lion air group,’’katanya. 

dari @mc_tabalong


Bagikan: