Kapolres, Dandim 1008/Tanjung turun langsung ke lokasi Karhutla
838
Radio Suara Tabalong
Selasa, 13 Agustus 2019

Suaratabalong.com, Tanjung -  upaya pemerintah dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan ( karhutla ) tidak main-main. Selain memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan tindakan bagi pelaku pembakar hutan dan lahan, gabungan anggota TNI dan polri juga turun langsung memadamkan kebakaran lahan. 


Bahkan upaya pemadaman lahan juga dilaksanakan langsung oleh Kapolres Tabalong AKBP Hardiono dan Dandim 1008 Tanjung letkol arm Edy Susanto, turun langsung kelapangan meninjau dan membantu petugas memadamkan api yang membakar lahan milik Perusahaan PT. Adaro di Desa Kasio RT.06 Kecamatan Murung Pudak. Senin (12/08).


Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.15 Wita, sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tabalong dan Gabungan Pemadam Kebakaran dari UPBS sektor tengah, Unit Pemadam Kebakaran PT Adaro, Babinsa dan anggota Polsek dikerahkan untuk memadamkan api. Akibat kebakaran ini, seluas 5 Ha lahan terbakar. Dan hingga kini penyebabnya masih dalam proses penyelidikan.


Kemarau yang terjadi saat ini memicu kebakaran makin meluas lantaran lahan yang kering ditiup angin sehingga semakin memperparah kobaran api. Meski demikian, Dandim mengatakan terus melakukaan koordinasi dengan intansi terkait dan sudah memberikan bantuan semaksimal mungkin. Walaupun masih terjadi kebakaran namun Dandim tetap optimis bisa mengatasi agar kebakaran tidak lebih jauh meluas.


“Segala upaya kita maksimalkan dengan berusaha mencegah kebakaran agar tidak meluas. Kedepannya mari kita tingkatkan sinergi dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara tidak membakar hutan dan lahan yang dapat menimbulkan bencana bagi daerah” Himbau Dandim 1008/Tanjung.



Bagikan: