Tingkatkan Rasa Sosial Anak, Mahasiswa UGM Ajak Anak Peringatan Hari Anak Nasional
79
Radio Suara Tabalong
Sabtu, 27 Juli 2019

Tanjung – Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional,yang diperingati setiap tanggal 23 Juli,  tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM yang bekerjasama dengan Yayasan Adaro Banguna Negeri ( YABN ) menggelar perayaan hari anak nasional di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak Kamis (25/07).  Kegiatan bertajuk “Future Farmers” ini  diikuti anak-anak SD di  sekitar Desa Kasiau.

Acara ini disambut dengan antusias oleh anak-anak sekitar desa Kasiau. Hal ini terlihat dari kumpulan anak-anak sudah memadati pondokan mahasiswi KKN UGM, tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Acara ini secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian, pembacaan dongeng, farming fun dan permainan tradisional. Pembacaan dongeng dilakukan “Si Kancil” di lakukan oleh mahasiswa KKN. Farming fun, merupakan kegiatan pengenalan tanaman dan aksi kreatif sains. Kegiatan pengenalan tanaman dilakukan dengan pengenalan penanaman dengan media hydrogel dan penanaman kecambah. Kemudian, permainan tradisional bakiak dan ular naga juga turut memeriahkan acara ini. Sebagian peserta yang tidak ikut bermain, turut membaca buku pada perpustakaan keliling yang disediakan oleh YABN.

Antusiasme tidak hanya nampak dari anak-anak saja, namun juga dari orang tua dan rekan-rekan KKN yang mengadakan acara. Ibu Iva, salah satu orang tua yang mengantar anaknya mengaku senang dengan diadakannya acara semacam ini. “Ini merupakan kali pertama diadakan di Desa Kasiau. Anak saya bersemangat untuk datang acara ini, makanya saya orang tuanya juga turut bersemangat” ujar ibu Iva

Koordinator acara yang merupakan mahasiswi Jurusan Pariwisata UGM Sari Nastiti Nurrachma Iqbal mengatakan  kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan rasa sosial anak-anak di Desa Kasiau. “Kemarin saya sudah sempat tanya-tanya sama anak-anak sini, kalau main sama teman main apa, jawabnya main gadget. Jadi, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak bisa bersosialisasi dengan yang lainnya.” Ujar Sari.

Tanggapan positif tentu saja juga datang dari YABN,  Rina Ermadeni, selaku pihak YABN pada bidang Pendidikan yang turut hadir dalam acara ini mengaku terbantu dengan adanya program KKN ini, “Acara ini bagus banget, kami pendidikan YABN banyak bergerak untuk anak-anak PAUD dan SD makanya melihat acara semacam ini saya senang, KKN juga bisa akrab dengan anak anak” ujar Rina. (Teresa Widi Werdiningsih - Mahasiswi UGM )


Bagikan: