Petani Desa Masingai 2 Gelar Wiwitan.
33
Radio Suara Tabalong
Rabu, 24 April 2019

Tanjung - Dengan membawa gunungan hasil bumi, petani yang tergabung dalam gapoktan usaha bersama desa masingai 2, menggelar wiwitan atau selamatan menjelang panen padi di areal persawahan bilulang kelompok tani  rukun sentosa Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, Rabu ( 24/4 ). 


Dengan menggunakan pakaian khas jawa lengkap dengan Blankon, wiwitan ini dihadiri Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, bersama Ketua DPRD Tabalong Darwin Awi, Forkopimda Tabalong, Anggota DPRD Tabalong Jurni dan Mursalin, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong. 


Menurut ketua Gapoktan Tugiran, wiwitan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya menjelang panen padi sawah, dengan maksud para petani yang akan memanen padinya diberikan kesehatan dan hasil panen yang melimpah. 

Sementara Wakil Bupati Tabalong H Mawardi mengatakan makna dan tradisi wiwitan ini adalah sebagai panjatan doa dan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, selai itu wiwitan ini juga untuk menunjukan persatuan warga, sekaligus juga untuk melestarikan bahkan menghidupkan budaya lokal untuk terus diperkenalkan kepada para generasi penerus.


“ selain itu, dengan kondisi alam yang subur dan keuletan petani, dalam lima tahun terakhir Kabupaten Tabalong terus surplus padi beras dan meningkat setiap tahunnya, hal ini berdampak pada kesejahteraan petani.” Kata Mawardi.


Untuk diketahui luasan area persawahan kelompok tani desa masingai 2 kecamatan upau kurang lebih 50 Hektare. Dengan acara wiwitan ini, tidak lama lagi panen padi sudah bisa dimulai.


Bagikan: