Tahun 2019, Pemkab Tabalong Rehab 178 Ruang Kelas SD
863
Radio Suara Tabalong
Senin, 04 Maret 2019


Suaratabalong.com, Tanjung – Pemerintah Kabupaten Tabalong Melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan memastikan akan melakukan Rehabilitasi Ruang Kelas dengan tingkat kerusakan sedang atau berat, beserta perabotnya. Ada 178 ruang kelas yang akan direhab yang berasal dari 53 Sekolah Dasar dari 12 Kecamatan di Kabupaten Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Tabaling Zainal Dahli saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu, menurut Zainal Ruang Kelas yang akan direhab pada tahun 2019 ini berdasarkan Data Pokok Pendidikan ( Dapodik ) yang telah diinput oleh masing-masing Operator Sekolah, “ kami menerima data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk tahun 2019 ini kami ada 178 ruang kelas SD yang akan direhabilitasi.” Kata Zainal

Menurut Data yang disampaikan Dinas Pendidikan Tabalong, Total Dana untuk Rehabilitasi 178 Ruang Kelas Baru, sebesar 19,5 Milyar yang masing-masing paket sebesar 109 juta 630 ribu rupiah. Seluruh Dana tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zainal mengimbau kepada sekolah, khususnya bagi operator Dapodik agar benar-benar memperhatikan kondisi sekolahnya dan segera menginput data sekolah melalui Dapodik, kemudian sesegeranya mengupdate Dapodik jika terjadi perubahan pada sekolah masing-masing,” saya menginmbau operator Dapodik agar benar-benar meinput data sekolah melalui Dapodik, karena rehab dan perbaikan sekolah tergantung dari Dapodik yang diinput Operator Sekolah masing-masing.” Kata Zainal.

Selain Rehabilitasi ruang kelas Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Tabalong melalui Dana Alokasi Khusus  2019 juga akan melakukan kegiatan lainnya untuk tingkat Sekolah Dasar, seperti Rehab Ruang Perpustakaan sebanyak 6 Ruangan, Rehab Ruang Guru 5 ruangan, Rehab Toilet Siswa dengan 7 Unit.

Kemudian ada pembangunan ruang kelas Baru sebanyak 3 ruang, pembangunan ruang pusat sumber pendidikan inklusif 6 ruang, pembangunan toilet beserta saitasi 24 ruang, pengadaan Buku koleksi perpustakaan 159 paket, pengadaan sarana pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan 38 Paket, Pengadaan peralatan seni Budaya 33 Paket dan  Pengadaan alat kesenian tradisional 12 Paket. ( Abdul Halim )


Bagikan: