Peringati HPSN, Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung Gelar Upacara Di TPA
763
Radio Suara Tabalong
Kamis, 21 Pebruari 2019

Tanjung – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) Tahun 2019, Jajaran Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung, menggelar Upacara di Tempat Pemprosesan Akhir ( TPA ) di maburai, kamis ( 21/2 ). 


Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1008 Tanjung Letkol Armed Edy Susanto yang didamping Kapolres Tabalong AKBP Hardiono.

Dalam Amanat Kapolda yang dibacakan Dandim 1008 Tanjung selaku Inspsektur Upacara mengatakan pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 21 Februari sejak tahun 2006 sebagai hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ). Penetapan Hari Peduli Sampah Nasional merupakan peringatan untuk mengenang atas tragedi di TPA Leuwigajah jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005, saat itu tumpukan sampah ambrol akibat guyuran Hujan, lalu menggelinding seperti tsunami sejauh satu kilometer. Atas latar belakang itu, pemerintah memperingati Hari Peduli Sampah Nasional setiap Tanggal 21 Februari.


“ Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sampah semakin meningkat. Tanamkan Kepedulian karena pada dasarnya Kepedulian Adalah Mata Air Kepemimpin.” Pesan Dandim.


Sementara Kapolres Tabalong AKBP Hardiono ketika diwawancarai mengatakan, Upacara HPSN ini merupakan Amanat dari Kapolda Kalimantan Selatan untuk lebih peduli terhadap Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tabalong, "Mari wujudkan Tabalong dengan Pengelolaan Sampah yang baik Demi Kehidupan Bersih, Sehat dan Bernilai".

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong Abdul Muthalib Sangadji, Ketua Bhayangkari Cabang Tabalong beserta Wakil dan Pengurus, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Tanjung beserta pengurus. Sementara Peserta upacara terdiri dari Gabungan Personel Kodim 1008 Tanjung dan Polres Tabalong, Satpol PP Tabalong, Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Pelajar Kab. Tabalong.


Sebelum pelaksanaan kegiatan bersih-bersih, juga diserahkan peralatan kebersihan secara simbolis oleh Kapolres Tabalong, Dandim 1008 Tanjung dan Bupati Tabalong yang diwakili Sekda Kab. Tabalong kepada peserta upacara.

Usai Upacara, Kegiatan bersih-bersih oleh personel gabungan dilaksanakan disekitar TPA Maburai, wilayah Islamic Center, Kapar, sehari sebelumnya juga dilaksanakan kebersihan di areal Mabuun. ( Abdul Halim )


Bagikan: