Bupati Tabalong letakkan Batu Pertama. Pembangunan Pasar Agribisnis
51
Radio Suara Tabalong
Selasa, 27 April 2021


RadioSuaraTabalong- Menandai dimulainya pembangunan pasar Agribisnis yang berlokasi  di Desa Kembang Kuning,Kecamatan Haruai, Senin (26/4/21) secara simbolis Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani lakukan peletakkan Batu Pertama. peletakkan batu pertama  didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Forkofimda, Kepala SKPD terkait serta disaksikan oleh Camat,kepala desa dan sejumlah petani. 

Bupati Anang dalam sambutannya menilai dibangunnya pasar agribisnis kembang kuning ini sebagai pasar yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai pasar lokal juga pasar untuk memenuhi kebutuhan ibukota negara baru.

Oleh sebab itu, rencananya pasar agribisnis di Kabupaten Tabalong ini nantinya akan memiliki dua, yaitu pasar agribisnis lokal dan  pasar agribisnis nasional.

"dibangunnya pasar agribisnis kembang kuning ini sebagai ikhtiar bersama untuk membangkitkan harkat dan martabat petani di Tabalong serta bagian untuk mewujudkan Tabalong terdepan di kalimantan selatan." Kata Bupati

Adanya Pembangunan Pasar Agribisnis yang berlokasi di desa Kembang kuning kecamatan Haruai ini menjadi upaya pemerintah Kabupaten Tabalong untuk membantu para petani dalam mengoptimalkan penjualan hasil dari pertanian.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Husien Anshari mengatakan dibangunnya pasar agribisnis ini untuk menjawab dan mengantisipasi keluhan dari sejumlah petani Tabalong yang kesulitan dalam memasarkan produk pertaniannya.

" untuk lebih mengoptimalkan serta pengelolaan pasar yang berkelanjutkan, pihaknya akan merencanakan pemindahan kantor UPT ke lokasi Pasar Agribisnis tersebut." Katanya.

Langkah lainnya, untuk optimalisasi, Disperindag juga terus melakukan diskusi dan sosialisasi bersama para petani, kepala desa untuk bersama- sama bagaimana menghidupkan pasar tersebut.

Meskipun ini berat, karena belum adanya embrio, Husien berharap dan meminta kepada semua pihak terkait untuk saling mendukung dalam rangka mewujudkan percepatan pengembangangan ekonomi disektor pertanian industri dan perdangangan serta insfratruktur yang berkualitas.

Sebagai informasi pasar agribisnis kembang kuning dibangun diatas lahan 1.200 hektar, dimana dilahan tersebut juga akan dibangun ruang terbuka hijau, zona fasilitas umum dan lahan pengembangan. (Said)

(Said).


Bagikan: