Plt. Gubernur Kalsel Apresiasi Penanganan Covid 19 di Tabalong
47
Radio Suara Tabalong
Jumat, 06 November 2020


Radio Suara Tabalong - Plt. Gubernur Kalimantan selatan Rudy Resnawan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Tabalong bersama Kapolda Kalimantan selatan lrjen Pol Nico Afinta, Danrem 101 Antasari  Brigjen TNI Firmansyah beserta rombongan Forkopimda Kalsel. Rombongan Plt. Gubernur Kalimantan selatan disambut Bupati Tabalong Anang Syakfiani, unsur Forkopimda Tabalong, Jajaran Pemkab Tabalong, Jajaran Polres Tabalong dan Jajaran Kodim 1008/Tanjung, di Pendopo Bersinar, Pembataan. Rabu (4/11/20)


Adapun tujuan Kunjungan ini dilakukan Rudy Resnawan bersama rombongan dalam rangka monitoring dan evaluasi penanganan Covid 19 dan peninjauan tempat karantina khusus pasien Covid 19 di Tabalong.


PLT Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan menilai kabupaten Tabalong merupakan wilayah dengan penanganan Covid 19 terbaik di Kalsel. Hal tersebut diungkapkannya tidak terlepas dari kerja sama dan sinergitas dari berbagai pihak dan juga peran serta masyarakat kabupaten Tabalong itu sendiri.


(SOT RUDY RESNAWAN - PLT. GUBERNUR KALSEL)


Rudy Resnawan mengungkapkan meskipun di Kalimantan Selatan saat ini masuk dalam 10 besar tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia, Namun, angka kesembuhannya juga lebih dari rata-rata nasional, yaitu diangka 91,8 persen atau 10.933 orang. "Untuk itu karenanya Kalsel hingga saat ini masih terus jadi pantauan oleh pemerintah pusat."


Rudy menambahkan di Tabalong adalah daerah yang mampu menekan angka kasus Covid-19, meningkatkan kesembuhan dan menekan angka kematian.

“Hal tersebut bisa dilihat dari pemakaian masker di Tabalong tertinggi 96 persen dan terendah 83 persen,” ungkapnya.


Lebih lanjut Rudy mengatakan, agar apa yang sudah dicapai bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Seperti Operasi yustisi yang dilakukan selama ini, masih terus diperlukan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.


Sementara itu, Bupati Tabalong dalam pemaparannya terkait perkembangan Covid-19 di kabupaten Tabalong menyampaikan bahwa di Tabalong hingga 4 November 2020 tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19.


"Tabalong sudah memasuki zona kuning. Yang mana terakhir tercatat 420 kasus positif, 412 sembuh dan meninggal dunia 8 orang. Dan hal ini menjadikan Tabalong sebagai daerah dengan kasus Covid 19 terendah di Kalsel. Dan hal tersebut sudah berlangsung sejak tanggal 14 oktober 2020 artinya sudah 20 hari."


(SOT BUPATI TABALONG)


Bupati Tabalong juga menjelaskan upaya yang dilakukan Pemkab Tabalong untuk memutus penyebaran Covid 19, seperti mendirikan posko screening di wilayah perbatasan dengan kabupaten tetangga dan juga perbatasan dengan Provinsi tetangga. Tak hanya itu, Tabalong juga melakukan 7000 swab test, baik itu yang resmi oleh pemerintah maupun secara mandiri.

(RINA)


Bagikan: