Bupati Tabalong Resmikan Kilang Penggilingan Padi, Inovasi Babinsa Kodim 1008/Tjg
513
Radio Suara Tabalong
Senin, 03 Agustus 2020


Radiosuaratabalong - Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani meresmikan langsung Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya Desa Bangkiling, Kecamatan Banua Lawas, Senin ( 3/8 ).

Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya didirikan oleh Babinsa Koramil 06/Banua Lawas Kodim 1008/Tanjung Sertu Jarudin. Gagasan tersebut muncul dari pengamatan bahwa selama ini masyarakat setempat merasa kesulitan membawa hasil panen mereka. Selain terkendala lokasi yang cukup jauh, masyarakat juga harus mengantri lama karena tempat penggilingan padi yang ada jumlahnya sangat minim.

Desa Bangkiling sendiri merupakan desa yang masih mengandalkan sektor pertanian dengan areal persawahan ratusan hektar.

Berdasarkan hal tersebut dan bentuk kepedulian Babinsa terhadap wilayah maka tercetus lah idenya untuk membangun kilang penggilingan Padi. Dengan kapasitas 5 mesin, 3 mesin pemecah dan 2 mesin pemutih.

Sementara itu, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani mengatakan upaya yang dilakukan TNI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk itu Bupati mengucapkan terimakasih kepada Dandim Tanjung beserta jajaran serta berharap program ini dapat dilanjutkan di wilayah-wilayah lain. 

“Sebagian besar kelebihan produksi beras kita dari Kecamatan Banua lawas” Terang H. Anang Syakhfiani.

Bupati menambahkan, Setelah panen yang terpenting bagi masyarakat adalah melakukan penjemuran dan penggilingan padi. Oleh karena itu dengan adanya kilang penggilingan padi ini diharapkan dapat membantu meringankan proses pengerjaannya.

“Kami resmikan Penggilingan Padi Antasari Jaya di Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas, semoga Allah SWT meridhoi usaha kita dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Ucap Bupati Tabalong dalam sambutannya sekaligus meresmikan Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya.

Dalam sambutannya, Dandim 1008/Tanjung Letkol Inf Ras Lambang Yudha mengapresiasi dan mengucapkan Terimakasih kepada Babinsa Sertu Jarudin beserta seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi.

“Terimakasih kepada Babinsa dan seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi yang kita resmikan ini” Ucap Dandim.

Dandim juga berharap dengan adanya kilang Padi Antasari Jaya ini, mudah-mudahan kedepan sudah tidak ada lagi masyarakat yang harus menunggu mengantri lama dan terpenting dapat mengurangi beban masyarakat.

Peresmian ditandai  dengan pemecahan kendi  oleh Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani di dampingi Dandim 1008/Tjg Letkol Inf Ras Lambang Yudha.

Acara juga turut di hadiri oleh Camat Banua Lawas, Para Danramil jajaran Kodim 1008/Tanjung, Forkopinca Kecamatan Banua Lawas, Kepala Desa, Tokoh Agama, Kelompok Tani, serta masyarakat setempat.


Bagikan: