Petugas Gabungan Karhutla Rutin Patroli Dan Berikan Sosialisasi
741
Radio Suara Tabalong
Rabu, 11 September 2019

Tanjung – Petugas Gabungan Tim Karhutla Tabalong yang terdiri dari Personil TNI, Polri, Unit Penggulangan Bencana Swadaya ( UPBS )  dan keterlibatan masyarakat di wilayah melaksanakan kegiatan peningkatan  kewaspadaan dan pengawasan terhadap kebakaran hutan dan lahan, Rabu (10/09).

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita pagi hingga selesai. Adapun beberapa wilayah yang menjadi sasaran pelaksanaan patroli dan sosialisasi antara lain Desa Jaro Kecamatan Jaro, Desa Santuun Kecamatan Muara Uya, Desa Argo Mulyo Kecamatan Bintang Ara, Desa Kinarum Kecamatan Upau, Desa Pamarangan Kecamatan Tanjung, Desa Pulau Kuu Kecamatan Tanta, Desa Murung Karangan Kecamatan Kalua, Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas dan Desa Pugaan Kecamatan Banua Lawas.

Petugas di bagi menjadi 8 tim, dimana dalam setiap tim berjumlah 15 orang, Kegiatan patroli meliputi melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat, mendatangi sasaran terpilih, mengumpulkan informasi terkait, memantau kondisi lingkungan dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas patroli.

Selain kegiatan patroli, rutin juga dilaksanakan sosialisasi guna pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah-wilayah rawan karhutla. Sosialisasi dilaksanakan secara langsung, sambil bersilaturahmi dengan warga. Dimana warga yang dijumpai pun senang dan antusias mendengarkan apa yang disampaikan petugas Karhutla.

“Kegiatan sosialisasi dilakukan secara langsung mendatangi warga ke desa-desa untuk mengimbau warga agar tidak membuka lahan atau ladang dengan cara membakar karena bisa menimbulkan kabut asap yang bisa menyebabkan penyakit Ispa gangguan saluran pernafasan” Ucap Suwardi Babinsa Kodim 1008/Tanjung


Bagikan: