Musrenbang RKPD 2020 Tingkatkan SDM Berkualitas Untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi.
761
Radio Suara Tabalong
Selasa, 26 Maret 2019

Suaratabalong.com, Tanjung – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) Tahun 2020 di Pendopo Bersinar Pembataan, Selasa ( 26/3 ). Perencanaan Pembangunan tahun 2020 disusun dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk memacu pertumbuhan Ekonomi.


Kepala Bappeda Tabalong Mahdi Noor dalam laporannya mengatakan Proses Perencanaan Pembangunan Daerah yang diwujudkan dengan penyusunan RKPD tahun 2020 merupakan dokumen rencana Pembangunan tahun pertama dari periode 2020-2024, “ oleh karenanya hasil evaluasi RPJMD tahun 2015-2024 serta perkiraan capaian tahun 2018 dan 2019 sangat mempengaruhi dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah hingga Akhir Periode.” Katanya


Secara umum pengembangan wilayah kabupaten tabalong disesuaikan dengan potensi wilayah, yaitu kawasan perkotaan, kawasan puri mawar, kawasan perkebunan dan peternakan Sapi, kawasan pertanian lahan basah dan kawasan minapolitan. 


Sementara bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya menyampaikan 2019-2024 Pemerintah Kabupaten Tabalong akan melanjutkan program-program yang dianggap mampu meningkatkan giat ekonomi Tabalong, seperti melanjutkan program pencetakan wirausaha baru dengan tenaga terampil sebanyak sepuluh ribu orang. Mengadopsi program kelompok usaha bersama dari kementrian sosial dengan setiap kelompok 20 orang sebesar 20 juta. Bantuan beras gratis rastra dan PKH akan ditambah 10 kg beras dengan dana APBD Tabalong dengan syarat  Berasnya harus dibeli di Kabupaten Tabalong hal ini untuk meningkatkan pendapatan petani tabalong sehingga daya beli masyarakat meningkat.Asuransi pertanian pangan, peternakan, dan perikanan ini kita lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri petani kita untuk terus berproduksi, dan  menjual.  


“ kondisi geografis kabupaten tabalong yang berada dilintasan segitiga propinsi ini sangat memungkinkan bagi kita untuk menjadi daerah yang ekonominya terkemuka di kalsel.” Kata Bupati

Musrenbang RKPD tahun 2020 selain dihadiri Bupati tabalong, turut hadir Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, Ketua DPRD H Darwin Awi, Perwaklan Bappenas, ekonom Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Perwakilan Bappeda Propinsi Kalimantan Selatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD, Instansi Vertikal, Perusahaan Ormas, Perguruan Tinggi dan LSM Kabupaten Tabalong. ( Abdul Halim )


Bagikan: